Perbaiki Rice Cooker Mudah

Rice cooker adalah alat penanak nasi elektrik, yang memanfaatkan energi listrik. Rice cooker biasanya di kategorikan  dalam alat rumah tangga yang peranannya sangat penting  dan daya yang dibutuhkan untuk menyalakannya tidak besar antara 300 watt-800 watt. Rice cooker peralatan rumah tangga yang rutin digunakan setiap hari. Sehingga alat penanak nasi ini  rentan akan kerusakan. Bila Rice cooker bermasalah terpaksa anda menunda makan bahkan bisa-bisa anda akan makan diluar rumah. Karena Penanak nasi ini sering digunakan biasanya sering timbul kerusakan ringan hingga besar, dari tidak bisa menghangatkan nasi, nasi menjadi kering, nasi menjadi cepat basah bahkan rice cooker mati total, pusing nich! please tolong ?? Untuk Mengatasinya Simaklah Tulisan Yang Menarik ini. Selamat Mencoba.

Diagram Kerja Rice Cooker



Cara Kerja cooking, pada saat saklar atau swicth terhubung, arus listrik dari L langsung di alirkan ke cast heater {yang menyatu dengan logam menghasilkan daya 300-400 watt tergantung jenis rice cookernya} dan led cooking sehingga lampu led cooking menyala, dan cast heater menghasilkan panas secara maksimal. Apabila tegangan listrik masuk 220 volt maka cast heater  mendapat tegangan 220 volt pula. Pada titik didih air panas 100 celcius , air dalam panci sudah menguap semua kemudian Panas dilanjutkan naik hingga mencapai 134 celcius Thermostat trip artinya pegas lepas dari magnet. Di dalam Thermosstt terdapat magnet dan pegas, pada suhu ruang gaya magnet lebih besar dari gaya pegas. Bagian metal Thermostat (bagian yang kontak langsung dengan panci tempat nasi) menyensor panas dari panci apakah panasnya sudah mencapai sekitar 134 derajat celcius. Metal bila terkena panas maka daya magnet berkurang sehingga gaya pegas lebih besar dari gaya magnet. Akibatnya pegas terlepas dari magnet (menjauh) sehingga menekan tuas dan tuas menekan menggerakkan saklar menjadi off  atau terputus hubungan listriknya, lalu masuk ke mode warming Rice Cooker.

Cara Kerja Saat Warming, arus listrik dari L melalui mica heater {termistor adalah semacam kertas mica yang berfungsi sebagai termistor, yaitu tahanan makin besar bila bertambah panasnya. Makin besar tahanan maka tegangan yang masuk berkurang sehingga mengurangi daya panas yang dihasilkan heater. Sehingga mampu mengontrol panas cooker saat warming supaya panasnya tetap di kisaran 70-80 celcius}  dan led warming. Tegangan yang keluar dari mica heater kurang dari 25 volt. Pada Saat Posisi warming, cast heater hanya mendapat tegangan kurang dari 25 volt, sedangkan tegangan yang masuk ke cast heater dikontrol oleh termistor atau mica heater sehingga memperoleh panas yang lebih stabil sekitar 70-80 celcius untuk menjaga nasi tetap hangat.
Apabila Anda Paham cara kerjanya Rice Cooker ini, Anda dapat memperbaiki kerusakannya dengan sangat mudah, ini kuncinya.

Gambar Rangkaian kelistrikan Rice Cooker Secara Umum.



Contoh kasus.
Kerusakan Rice cooker Merek Youngma dengan indikasi mati total
Analisa Masalah.
Rice cooker Youngma menggunakan Fuse/sekring untuk pengaman temperaturnya, apabila temperatur melebi hi 115 derajat Celcius maka fuse akan putus /sekringnya putus. Lalu Anda tidak bisa masak nasi, kasian laparnya..
Cara Memperbaikiny.
Pertama bongkar bagian cover bawah dari rice cookernya selanjutnya buka sekerup yang terletak dekat kabel colokan ke listrik, kemudian congkel cover dengan obeng minus atau alat sejenis. Letak fuse di dalam pelindung kabel yang terletak diantara tabung rice cooker dengan cover samping.  Gantilah fuse yang mati dengan fuse yang baru  yang sejenis Tutup kembali cover yang dibongkar dan bimsalabim  rice cooker milik anda sudah bisa normal kembali.

Kasus
Kerusakan  rice cooker tidak bisa dipakai untuk memasak, lampu cook / warm mati,Tidak bisa masak, Penghangat tidak berfungsi,Nasi basiatau berwarna kuning atau nasi jadi Kering. 

Analisa masalah dan perbaikan:
Anda periksalah kabel dayanya, apabila putus gantilah dengan yang baru. Kemudian  Periksa  elemen pemanasnya dengan ohm meter. Bila tahanannya menunjukkan harga tak terhingga berarti elemennya putus, segera ganti dengan yang baru yang sesuai dengan aslinya.
Anda bisa memperbaiki sendiri rice cooker dengan mempraktekannya. Selamat mencoba.



Elemen-elemen Rice Cooker

  • Tempat menanak nasi yang terbuat dari aluminum yang telah di campur atau di bungkus dengan anti lengket.
  • Elemen pemanas ,elemen pemasan ini bisanya berada di dalam dan di tempel pada bagian dalam dan tidak mudah untuk di perbaiki  sekarang elemen pemanas dibuat permanen jadi untuk perbaiki sukar di perbaiki.
  • Bagian luarnya. bagian luar untuk melindungi elemen pemanas dan bagian rangkaian kelistrikanya ,biasanya bagian luar ini di lengkapi dengan lampu indikator biasanya lampu indikator ini berwarna hijau dan merah .
  • Kabel penghubung, kabel ini menghubungkan arus sumber ke rice cooker, biasanya pada kabel penghubung sudah di lengkapi dengan tombol kontak.
  • Tutup rice cooker .penutup Rice cooker  terdiri dari dua : penutup dalam yang terbuat dari aluminium dan penutup luar yag terbuat dari bahan plastik.
Proses  Kerja Rice Cooker untuk Memasak nasi dan menghangatkannya.
Rice cooker atau penanak nasi  bekerja dengan memanaskan air sampai ke titik didihnya. Pada saat itu Panas akan mengalirkan ke panci tempat beras dan airnya ditarohkan. Air akan menguap pada temperatur 100 derajat Celsius. Pada tempa ratur tersebut semua air akan habis menguap dan diserap oleh beras dan air menjadi nasi. Sehingga tepat ketika air di dalam panci sudah habis, nasi pun menjadi masak.

Didalam rice cooker terdapat sebuah elemen termostat gunanya untuk mengatur susu tetap hangat.
Termostat akan mendeteksi apakah air sudah mencapai titik didihnya atau belum. Bila air sudah
mencapai titik didihnya (100 Celsius), rice cooker mempertahankannya beberapa saat (membiarkan semua air menguap) lalu menurunkan suhu menjadi sekitar 60-70 derajat Celsius sehingga suhu di dalam panci akan
bertahan untuk menghangatkan nasi di dalamnya. Nasinya bisa tahan lama. Selamat menikmati Makan Nasi.

Judul Posting: Perbaiki Rice Cooker Mudah