Deskripsi Gambar deskripsi gambar Deskripsi Gambar
+++ INDONESIA SANGAT BUTUH PERUBAHAN. FOR ADIL DAN MAKMUR BUAT SEMUA PILIH AMIN NO.1 TGL 14 Februari 2024 +++

Pilih Transaksi On-Chain Atau Off-Chain


Transaksi Langsung

Transaksi on-chain adalah transaksi yang terjadi pada blockchain.
Transaksi on-chain umumnya terdesentralisasi . Menurut definisi, desentralisasi setara dengan devolusi. Ini berarti bahwa kode sumber terbuka untuk umum, yang menyiratkan penghapusan otoritas pihak ketiga dari transaksi Anda.
Berkenaan dengan dompet, itu sebabnya siapa pun dapat menyimpan secara lokal kunci privat alih-alih berada dalam penahanan otoritas terpusat yang mengawasi.
Individu diberikan kebebasan untuk bertransaksi aset di mana saja dan kapan saja dengan imutabilitas, keamanan, dan transparansi yang ditawarkan.
Semua transaksi dicatat pada blockchain dengan timestamp, disegel dengan hash dan disinkronkan di setiap node dalam jaringan. Ini membuatnya sangat sulit untuk diretas dan diubah untuk tujuan penipuan.
Selanjutnya, semua transaksi diverifikasi dan dapat dilihat oleh semua peserta dalam jaringan sehingga individu dapat memeriksa transaksi mereka sendiri (atau orang lain) dengan alamat yang sesuai.
Kerugian besar, bagaimanapun, adalah jika seseorang kehilangan kunci pribadi mereka, pengambilan aset mereka tidak mungkin.




Sumber: Coinaccord

🔸Transaksi berantai

Transaksi off-chain mengacu pada transaksi yang terjadi pada jaringan cryptocurrency tanpa mengeksekusi transaksi di blockchain.
Transaksi off-chain semakin populer karena biaya rendah dan karenanya telah menjadi populer untuk airdrop besar. Ada beberapa metode untuk melakukan transaksi off-chain, beberapa disebutkan di bawah ini.
Transaksi off-chain dapat melibatkan pihak ketiga seperti penjamin yang menjamin hadiah transaksi atau memberikan airdrop sebagai hadiah kepada individu.
Mekanisme pembayaran berbasis kupon juga merupakan metode untuk transaksi off-chain. Individu dapat membeli kupon dengan imbalan token kripto dan memberikan kode kepada pihak lain yang kemudian dapat mereka tebus. Tergantung pada penyedia layanan kupon, beberapa penukaran dimungkinkan dalam cryptocurrency atau aset digital alternatif yang sama.
Para pihak bahkan dapat bertukar kunci pribadi mereka yang melibatkan sejumlah koin crypto. Dengan cara ini, koin tidak pernah meninggalkan alamat / dompet, tetapi mata uang menerima pemilik baru tanpa rantai.
Salah satu keuntungan dari transaksi off-chain adalah transaksi dapat dieksekusi secara instan . Transaksi on-chain membutuhkan waktu untuk dikonfirmasi, tergantung pada beban jaringan dan jumlah transaksi yang menunggu dalam antrian untuk dikonfirmasi.
Biaya transaksi biasanya tidak diperlukan untuk transaksi off-chain, karena transaksi tidak terjadi pada blockchain. Ini menjadikannya pilihan yang sangat menarik bagi perusahaan yang melakukan banyak transaksi setiap hari, misalnya.
Transaksi off-chain memungkinkan para peserta untuk memiliki keamanan dan anonimitas yang lebih besar karena rincian transaksi tidak disiarkan secara publik. Dalam hal transaksi on-chain, dimungkinkan untuk memperoleh sebagian identitas peserta dengan mempelajari pola-pola transaksi.
sumber :Medium